Sabtu, 04 Mei 2013

AMAZING. Wisata di Sumatera Utara

Pulau Sumatera adalah pulau yang hampir disepanjang pulau membujur pegunungan hijau menjulang dari utara sampai selatan. Kebanyakan alam di daerah Sumatera masih terjaga keindahannya. Mungkin salah satu faktornya adalah karena pulau Sumatera memiliki penduduk yang lebih sedikit dari pulau Jawa, sehingga potensi alam disana masih asli dan belum banyak campur tangan manusia. Salah satu propinsi yang memiliki potensi luar biasa adalah Sumatera Utara.Mulai dari Danau Toba, keindahan danau Toba ini sudah terkenal hingga mancanegara. Tidak sedikit turis asing yang berwisata ke sana. Danau Toba merupakan danau terbesar ke-2 di dunia lhooo.. Danau ini menyuguhkan panorama dan kesegaran alam yang luar biasa. Wisatawan bisa menyusuri danau bak kolam renang raksasa yang beratap langit biru dengan semburat awan putih. Di sekeliling danau ada pegunungan hijau serupa tembok raksasa.
Di tengah Danau Toba ada pulau terkenal. Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Samosir. Selain menyajikan pemandangan yang eksotis dengan birunya danau toba, disana ada sebuah desa yang dijadikan sebagai cagar budaya. Cagar budaya itu berbentuk miniatur rumah si Raja Batak. Karena masyarakat di daerah itu meyakini bahwa nenek moyang suku Batak itu lahir dan bermula dari sana.
 Tak jauh dari danau Toba, ada air terjun Sigura-gura. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Indonesia, tingginya mencapai 250 meter. Air terjun ini memiliki 2 tingkat seperti tangga. Di daerahnya, air terjun ini juga difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) lhoo
 Tak jauh dari Air terjun Sigura-gura, ada air terjun yang tak kalah indahnya, namanya Air Terjun Sipiso-piso. Konon, air terjun ini adalah air terjun terdalam di Asia Tenggara lhoo.. Air terjun itu berasal dari sungai bawah tanah yang keluar dari goa di sisi kawah Danau Toba. Mungkin kalo dibayangin kaya ember bocor gitu kali ya? hehee. Yang sangat disayangkan dari wisata air terjun ini adalah kurangnya perhatian pemerintah pada wisata ini, sehingga kesannya masih kurang terawat.
Di Sumatera Utara juga ada pulau eksotis lainnya, yaitu pulau Nias. Pasti udah sering denger kan? Yak, pulau ini udah nggak asing lagi untuk orang di Indonesia, bahkan mancanegara. Di sana ada Pantai Sorake, yang bisa dbilang pantai ini menjadi surganya peselancar dunia. Bahkan dunia mengakui bahwa pantai ini memiliki ombak terbaik setelah Hawaii lhoo
 Masih di Pulau Nias, di sana juga ada pantai Lagundri. Pantai ini memang tak jauh dari pantai Sorake. Ombak Pantai Lagundri juga mirip dengan pantai Sorake. Ombak di Pantai Lagundri bisa mencapai 10 meter. Pantai ini sudah dikenal oleh peselancar dunia. Oleh karenanya, pantai ini sering digunakan untuk kejuaraan surfing internasional.
 Wisata alam yang awesome lainnya, ada Bukit Lawang. Di Bukit Lawang, wisatawan bisa melihat bukit barisan di Taman Nasional Gunung Leuser. Wisatawan juga bisa menyusuri hutan, melihat penangkaran flora, fauna, contohnya orang hutan.  Wisatawan juga bisa menyusuri hutan dengan menyusuri sungai yang dibatasi oleh rerimbunan pohon di sisi kanan dan kirinya.
Di Sibolangit ada Air terjun Telaga Biru, atau kadang orang menyebutnya dengan Air Terjun dua warna. Air terjun ini sangat jernih, bahkan derasnya air yang turun dari atas terlihat putih sekali seperti kapas. Namun begitu sampai di bawah, air yang terjun dari atas itu membentuk kolam dengan air berwarna biru seperti permata. Kalangan Etnis Tionghoa percaya, bahwa berkunjung kesana akan menambah keberuntungan
  Untuk yang suka mendaki, di Sumatra Utara ada gunung cantik yang sering digunakan untuk mendaki. Jika Malang punya Bromo, Jawa Tengah ada Merbabu, di Sumtra Utara ada Gunung Sibayak. Gunung ini memiliki batuan tinggi menjulang yang cantik. Di puncak gunung, ada kawah belerang berasap. Dari trackingnya, gunung Sibayang cukup mudah untuk didaki, sehingga cukup banyak yang kesana. Tak hanya wisatawan domestik, di sana juga ada wisatawan asing. Dari puncak gunungnya, wisatawan bisa melihat panorama kota Medan dan sekitarnya.










Sumber:http://blog.catallya.com/so-awesome-wisata-alam-sumatera-utara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar